Lingkar Berita Pendidikan Indonesia

Ikan Gobi dalam Bingkai

Bagi yang belum kenal dengan Brian Skerry, ada baiknya jika mengenalnya lebih dekat. Salah satu hasil jepretannya bertajuk A Tinny Yellow Goby, diulas oleh Ocean Portal yang selama ini dikenal fokus dengan ulasan seputar dunia biru bawah laut. Mulai dari informasi tentang organisme, ocean-inspired art, hingga beberapa penelitian tentang ekosistem misterius yang terselip di dalam laut.

Foto Ikan Gobi

Foto hasil jepretan Brian Skerry memang tampak demikian hidup. Berada di dalam bingkai sampah kaleng minuman, wajah ikan gobi yang diabadikan, tampak demikian bersedih. Selain itu warna ikan gobi yang mencolok, mampu membawa dimensi kontras dari tampilan kondisinya yang sedang bersedih. Detil kotoran dan pasir yang menempel pada kaleng, juga seakan memberikan perkuatan terhadap bingkai ikan gobi yang digambarkan sedang merana.

Sebagaimana telah diberitakan oleh Ocean, foto tersebut diambil di kawasan Teluk Suruga, Jepang. Teluk Suruga sendiri, terletak di antara kota Tokyo dan Nagoya. Diberitakan juga bahwa Sant Ocean Hall juga mewadahi galeri "Living on an Ocean Planet" untuk mengulas hubungan antara manusia dengan laut. Sebagaimana foto-foto terpilih lainnya, foto milik Brian juga pernah dipajang di Smithsonian National Museum of Natural History yang berkedudukan di Washington. Di sana, beberapa foto yang mewakili "vanishing world" coba menyampaikan pesan tentang betapa terancamnya planet ini.

Profil Brian Skerry

Brian Skerry sendiri dikenal sebagai fotografer yang banyak menjelajah dan meliput keragaman, keindahan dan kerusakan lingkungan. Sejak tahun 1998, Skerry menjadi fotografer untuk majalah National Geographic. Banyak penghargaan yang telah ia raih, diantaranya National Geographic Photography Fellow 2014, National Geographic Society Storytelling Fellow 2017, dan Rolex National Geographic Explorer of the Year 2017.

"Saya sangat menyukai eksplorasi dan penemuan. Lautan tampak seperti tempat yang sempurna untuk misteri yang menunggu untuk ditemukan," demikian tukas Skerry seperti telah dikabarkan melalui situs milik Rolex. Menurutnya, saat remaja ia mulai mendapat pencerahan, bahwa cara sempurna untuk dapat menjelajahi lautan adalah dengan kamera.

Ia juga meyakini bahwa foto dan artikel hasil kerjanya akan dapat berpengaruh terhadap usaha penyelamatan ekosistem laut. Menurut Skerry, fotografi bisa menjadi sangat kuat dalam melindungi lautan. "Kita tidak dapat memiliki terumbu karang jika tidak memiliki hiu dan tidak dapat memiliki paus jika tidak memiliki udang. Jika kita mulai mengacaukan bagian-bagian lautan, lautan akan rusak... Kita perlu melihat ekosistem secara keseluruhan dan bagaimana mereka saling terkait dengan kita," pungkasnya.  

 

 

Sumber:
Ocean[dot]si[dot]edu
Rolex[dot]org
Brianskerry[dot]com
Ilustrasi foto:
A tiny yellow goby, Lubricogobius exiguus, living inside an abandoned can on the seafloor dalam Ocean[dot]si[dot]edu

 

Share :


Post Comment