Lingkar Berita Pendidikan Indonesia

Karya Klasik Kensett, Suguhkan Pemandangan Abad 18

Mungkin ada yang pernah mendengar nama danau George. Selain ada di New South Wales, Australia, danau George yang berada di New York telah banyak dikenal. Jika di Australia dikenal dengan pemandangan kincir angin, padang sabana dan habitat untuk kanguru, maka danau George yang berada di USA, dikenal memiliki pemandangan air yang lengkap. Guratan dataran tinggi dan kepulauan kecil di sekelilingnya, seakan memanjakan mereka yang ingin mendapat ketenangan.

Keindahan Kawasan Danau George

Berada di sisi Utara dari danau Glen, danau George menyajikan pemandangan air yang dihiasi perbukitan di belakangnya. Di sisi Selatan banyak dijumpai aneka tempat peristirahatan bertarif antara Rp. 1 juta - Rp. 4 juta per malam. Agak ke tengah, akan menjumpai Northwest Bay, Up Yonda Farm, dan Lake George Island Camping. Ada beberapa media transportasi air yang juga dapat digunakan untuk menyisir keindahan kawasan danau George.

Salah satu ikon yang cukup dikenal di sana, adalah The Sagamore. Berada di Green Island, resor The Sagamore adalah tempat peristirahatan yang eksotik. Saat sarapan, pengunjung langsung disuguhi pemandangan danau berlatar area perkemahan Shelving Rock yang juga memiliki kawasan air terjun yang asri.

Lukisan Karya Frederick Kensett

Keindahan kawasan danau George ini begitu menarik, hingga pada tahun 1872 sudah diabadikan melalui sebuah lukisan yang fenomenal. Adalah John Frederick Kensett yang kemudian dikenal berhasil mengabadikannya, melalui sebuah lukisan abad ke-18 yang berjudul Lake George, Free Study.

Pria kelahiran 1816 ini adalah seorang seniman Amerika yang memang dikenal mengedepankan karya transendental alam. Kensett banyak dipengaruhi oleh Thomas Cole. Namun guru pertama Frederick Kensett adalah Thomas Kensett yang juga adalah ayahnya. Pada tahun 1840 Kensett melakukan perjalanan ke Eropa untuk belajar melukis. Lalu ia kemudian kembali ke USA pada tahun 1847, dan mendirikan studio di New York. 

Yang menarik, lukisan tentang danau George dilukis dalam rentang warna terbatas yang dibuat kontras. Melalui cat tipis, ia menyapu kuasnya untuk menghadirkan tekstur yang seragam. Komposisi yang dibuat juga memberikan skala yang sesuai dengan sapuan warna yang seimbang. 

Meski tidak berukuran besar, lukisan milik Kensett ternyata mampu menggambarkan hamparan luas danau George. Berbekal cat minyak, meski dengan warna dan sapuan kuas yang sederhana, namun tetap berhasil menyajikan keindahan danau yang agung. Kensett memang dikenal lebih memilih obyek yang tenang, dibanding pelukis di masanya yang lebih memilih menggambarkan kondisi alam yang dramatis, seperti badai, gunung yang menjulang tinggi, atau terbenamnya matahari. 

Sekilas, penikmat lukisannya akan mengira karya Kensett sebagai sebuah foto. Lukisan ini, masih dapat dinikmati secara langsung sebagai koleksi dari Metropolitan Museum of Art di New York.

 

 

Sumber:
Metropolitan Museum of Art, USA
Wiki Art Visual Art Encyclopedia
National Gallery of Art, USA 
Ilustrasi Foto:
The Met Fifth Avenue in Gallery 761

 

Share :


Post Comment