Lingkar Berita Pendidikan Indonesia

Melalui Siranap, Kini Masyarakat Bisa Pantau Kamar Kosong untuk Pasien Covid

Kondisi pandemi di Indonesia memang belum mereda. Berdasarkan situs resmi milik Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, diketahui bahwa kasus positif di Indonesia mencapai angka 1.024.298 dari kasus terkonfirmasi di seluruh dunia yang telah mencapai 99.638.507.

Berdasarkan update pada hari Rabu (27/1) diketahui bahwa kasus meninggal di Indonesia mencapai 28.855 jiwa, dengan data pasien sembuh yang menyentuh angka 831.330 orang. Menurut analisis data yang dikeluarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 pada hari Minggu (24/1) lalu, diketahui bahwa terdapat kenaikan angka kesembuhan hingga 8,2 persen. Pekan sebelumnya masih ada 47.762 orang yang dinyatakan sembuh, sementara pekan ini sudah mencapai 51.672 orang. 

Secara keseluruhan, angka kesembuhan telah mencapai 81,11 persen. Sebanyak 736.460 orang di Indonesia dinyatakan sembuh, sehingga angkanya berada di atas rata-rata kesembuhan warga dunia yang mencapai 71,39 persen saja.

Warga Bisa Manfaatkan Siranap

Pemerintah melalui Ditjen Yankes pada Kementrian Kesehatan, baru-baru ini meluncurkan Siranap. Melalui Siranap, kini masyarakat dapat mengecek ketersediaan kamar kosong bagi pasien Covid-19 yang hendak dilarikan ke rumah sakit. Siranap merupakan sistem informasi rawat inap RS rujukan Covid-19.

Hal ini menjadi begitu penting, manakala pada beberapa puncak pandemi baru lalu, banyak pasien Covid-19 yang mengeluh kesulitan dalam mendapatkan perawatan. "Awalnya saya ditolak saat mau ke rumah sakit. Dari Puskesmas saya hanya diminta isolasi mandiri saja, namun saya memaksa masuk ke rumah sakit. Cari informasi ke sana kemari, banyak yang penuh. Setelah berhasil masuk, saya dirawat selama sepuluh hari di sana, dan minggu lalu sudah negatif," demikian kisan salah seorang pasien Covid-19 yang baru saja dinyatakan sembuh oleh salah satu rumah sakit di Surabaya Selatan.

Melalui aplikasi Siranap, masyarakat bisa mengetahui informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Ke depan, kepatuhan rumah sakit dalam melakukan update akan menjadi pertimbangan dalam memperpanjang izin operasionalnya.

Siranap Dapat Diunduh di Play Store

Merujuk pada dashboard Kemenkes, saat ini terdapat 110 rumah sakit rujukan regional, 20 rujukan provinsi, dan 14 rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan nasional. Ke depan, akan dilakukan integrasi antara Siranap dengan aplikasi profil dan layanan rumah sakit, informasi sarpras, dan informasi profil puskesmas. Nantinya akan disebut sebagai Sisrute, yakni sistem informasi rujukan terintegrasi.

Yang menggembirakan, saat ini Siranap sudah dapat diunduh melalui aplikasi mobile di Google Play Store. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengetahui di mana letak rumah sakit terdekat. Selain itu, juga dapat mengetahui kapasitas. Bahkan juga diketahui kategori informasi berdasarkan keterangan ICU, isolasi tekanan negatif, isolasi tanpa tekanan negatif, hingga kamar tersisa untuk NICU khusus pasien Covid-19.

 


Sumber:
yankes[dot]kemkes[dot]go[dot]id
covid19[dot]go[dot]id
Ilustrasi foto:
sirs[dot]yankes[dot]kemkes[dot]go[dot]id

 

Share :


Post Comment