Lingkar Berita Pendidikan Indonesia

Menlu Retno Sampaikan Keberhasilan Diplomasi Indonesia

Sabtu (24/10) 2018 lalu, tak kurang dari 800 mahasiswa memenuhi aula Garuda Mukti di kantor manajemen lantai 5, Kampus C, Universitas Airlangga. Merupakan bagian dari kegiatan Diplo Fest (diplomacy festival, red.), talkshow yang mengundang Menteri luar negeri Republik Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi, berhasil menarik animo dari civitas akademika. Tak ayal mahasiswa dari kampus lain pun, turut berduyun menghadiri acara yang dimulai sejak pukul 9 pagi itu.

Diplomasi Indonesia di Dunia Internasional 

Tak hanya berbicara tentang diplomasi Indonesia di asia pasifik, namun juga membahas beberapa isu sosial politik luar negeri. Secara umum, mengisahkan aktivitas diplomasi Indonesia 2018, diantaranya yang terkait dengan kondisi sosial politik di Palestina. Disebutkan bahwa Indonesia secara konsisten telah menunjukkan keberpihakan untuk Palestina, melalui berbagai upaya.

Penyebab Keberhasilan Diplomasi Indonesia di dunia Internasional

“Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, dan bangsa yang besar harus berani untuk bersaing dengan bangsa lain,” demikian tandas Menlu Retno di hadapan ratusan mahasiswa yang memadati aula Garuda Mukti Unair.

Menurut Menlu, Indonesia harus mampu memainkan posisinya di dunia internasional. Ada banyak faktor penyebab keberhasilan diplomasi Indonesia di dunia internasional, yang tentunya memerlukan kerja sama dari banyak pihak. 

Isu besar yang perlu dicermati, terkait upaya Indonesia dalam memprioritaskan keamanan dan stabilitas ASEAN. Seperti diketahui, bahwa Indonesia telah menginisiasi lahirnya ASEAN Indo-Pacific. Blok yang beranggotakan 10 negara ini memiliki visi bersama, sebagai kekuatan besar yang memiliki gagasan kompetitif untuk keterlibatannya di kawasan mereka. Jadi, Indonesia tidak hanya konsen kepada diplomasi Indonesia dengan Malaysia, atau diplomasi Indonesia dengan Australia saja, namun lebih pada perencanaan aktivitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan. 

BERITA TERKAITIndonesia, Gagas Visi Indo-Pasifik untuk Stabilitas Regional

Jadi apa yang dilakukan Indonesia tidak untuk mengubah perilaku Washington atau Beijing, namun lebih pada mempromosikan tatanan regional alternatif yang dapat mengakomodir semua kepentingan. Pada sisi lain, Indonesia mengakui bahwa masalah di antara negara tetap ada. Namun semua kepentingan tetap harus dapat diakomodir dengan baik.

Peran Generasi Milenial dalam Diplomasi Indonesia

Untuk itu, para generasi millennial juga perlu ditunggu perannya. Pada kesempatan di Unair, Menlu Retno Marsudi, tak lupa mengulas peran penting generasi milineal dalam kegiatan diplomasi dan politik luar negeri Indonesia. Di akhir pemaparannya, Menteri Retno juga tak lupa mengobarkan semangat para generasi muda agar bangga dengan Indonesia, dan memiliki keberanian untuk bersaing dengan bangsa lain.
 

BERITA LAIN:

Ingin Berkelas Dunia, Para Dokter Diskusikan E-Learning

Menadah Inspirasi dari Prof. Dyson sebagai Guru Sejati

Bug Hunter Asal Pasuruan, Mampu Tembus Google

Asian Games 2018, Tonggak Kebangkitan Prestasi Internasional Indonesia

Jejaring Sekolah, Untuk Masa Depan Dunia

 

Share :



Post Comment