Lingkar Berita Pendidikan Indonesia

Siapa Negara Penyedia Pendidikan Terbaik di Dunia?

Pendidikan, masih saja menjadi topik yang menarik. Banyak negara meyakini, bahwa pendidikan akan membawa dampak kepada kualitas sumber daya manusia di negaranya. Jika SDM sebuah negara unggul, maka negara tersebut diyakini akan dapat menjadi negara maju.

Negara-negara terbelakang, identik dengan ketidaktersediaan akses terhadap pendidikan yang berkualitas. Sementara negara maju, disebut memiliki tingkat melek huruf yang lebih tinggi. Secara umum, pendidikan dinyatakan sebagai hak asasi manusia yang diyakini dapat memainkan peran kunci dalam pembangunan manusia, ekonomi, sosial dan budaya.

Negara Terbaik Penyedia Pendidikan 2020

Lantas, siapa negara penyedia pendidikan terbaik di dunia? US News baru-baru ini mengumumkan The 2020 Best Countries for Education, yang diperingkatkan berdasarkan survei berbasis persepsi, dengan menggunakan kompilasi skor dari kepemilikan sistem pendidikan publik, pertimbangan untuk melanjutkan kuliah pada kampus di negara tersebut, dan ketersediaan pendidikan berkualitas tinggi. Ketiganya, harus sudah dijalankan oleh pemerintah dari negara tersebut. 

Berdasarkan pemeringkatan US News, Amerika Serikat ditempatkan sebagai negara peringkat pertama. USA berhasil menggeser UK yang pada tahun 2019, dinobatkan sebagai negara penyedia pendidikan terbaik di dunia. Pada tahun 2020 ini, UK ditempatkan di posisi kedua, disusul oleh Canada, Jerman, Prancis, dan Swiss di peringkat keenam. Sementara itu, Australia berada di posisi ketujuh, Swedia di peringkat kedelapan, Belanda ada di posisi ke-9, dan diikuti oleh Denmark pada peringkat ke-10.

Negara-negara Asia dengan posisi terbaik, ditempati oleh Jepang di peringkat ke-11, Singapura di peringkat ke-19, Korea Selatan di posisi ke-22, serta China yang berada di peringkat ke-24 dunia. Sementara Indonesia, ditempatkan di peringkat ke-55 dunia. Posisi ini naik dari tahun 2019 yang berada di posisi ke-56 dunia. Indonesia berada di atas Panama, Maroko, Peru, Oman, Tunisia, Vietnam, Ekuador, dan Myanmar.

Pendidikan Terbaik 2020 berdasarkan Literasi, Numerik, dan Sains

Sementara itu, World Population Review juga memberikan publikasi Education Rankings By Country 2020. Peringkat pendidikan, dinyatakan bergantung pada aspek-aspek pembelajaran yang berhubungan dengan kinerja dari sistem pendidikan pada masing-masing negara. 

Berdasarkan skor reading, matematika, dan sains, maka penyedia pendidikan terbaik pada tahun 2020 ditempati oleh China. China dinyatakan berhasil mengumpulkan total skor sebesar 1.731 dengan reading score 556, math score 600, dan science score 575. Adapun negara-negara yang memiliki total skor di bawahnya, berturut-turut adalah Hongkong, Finlandia, Singapura, Jepang, Canada, Selandia Baru, Taiwan, dan Belanda. Sementara Amerika Serikat berada di posisi ke-24, UK di peringkat ke-19, Australia di peringkat ke-10, Jerman pada posisi ke-14, dan Prancis menempari peringkat ke-23.

Negara pemilik reading score tertinggi, ditempati oleh China, Finlandia, Hongkong, Singapura, dan Canada. Pemegang math score terbaik di dunia, diraih oleh China, Singapura, Hongkong, Taiwan, dan Finlandia. Peraih science score tertinggi ditempati oleh China, Finlandia, Hongkong, Singapura, dan Jepang.

Sementara Indonesia berada di peringkat ke-58 dunia, dengan reading score 402, math score 371, dan science score 383. Posisi Indonesia, lebih baik daripada peringkat yang ditempati oleh negara Albania, Qatar, Panama, Peru, dan Kyrgyztan.

Untuk reading score, Indonesia menempati peringkat ke- 55 dunia, berada di bawah Jordania dan Tunisia. Terkait dengan math score secara keseluruhan, Indonesia berada di peringkat ke-59 berada di bawah Albania dan Tunisia. Pada perolehan science score, Indonesia menempati posisi ke-58 dan berada di atas Qatar dan Panama. 


Sumber:
usnews[dot]com
worldpopulationreview[dot]com
Ilustrasi foto:
usnews[dot]com

Share :


Post Comment