Lingkar Berita Pendidikan Indonesia

Ini Rujukan Memilih Kampus Terbaik Indonesia

Pada pertengahan tahun, banyak remaja Indonesia yang sibuk mencari kampus. Tak ayal banyak skema seleksi yang harus dijalani para lulusan SMA, untuk dapat diterima di kampus idaman.

Namun tanpa rujukan yang cukup, hal itu malah dapat menyebabkan kegagalan atau kehadiran perasaan tak nyaman. Gagal akibat salah strategi dalam memilih kampus, yang ternyata memiliki angka keketatan yang tinggi. Sebab gagal lain, setelah menjalani sekian semester, mahasiswa merasa tidak nyaman akibat tidak mendapatkan kualitas pengajaran seperti yang diharapkan.

Oleh karenanya, publikasi dari QS Top Universities pada Juni tahun ini, dapat digunakan sebagai rujukan yang diperlukan. QS mengeluarkan daftar peringkat kampus terbaik di dunia untuk periode tahun 2023.

Kampus Terbaik

Hasilnya, MIT yang berkedudukan di Cambridge, USA, terpilih sebagai Perguruan Tinggi terbaik dunia 2023. Menempel di posisi kedua adalah University of Cambridge dari United Kingdom. Berikutnya berturut-turut ada Standford University, University of Oxford, Harvard University, hingga California Institute of Technology (Caltech).  

Bagaimana dengan Indonesia? Posisi sebagai kampus terbaik berdasarkan pemeringkatan WS, diduduki oleh Universitas Gadjah Mada. Posisi berikutnya ditempati oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Pertanian Bogor (Universitas IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Brawijaya (UB).

Predikat Kota Pelajar

Yang menarik, pada posisi lima besar masih ditempati oleh Perguruan Tinggi yang memang sudah berusia cukup tua. Kelimanya berasal dari lima kota yang berbeda. Mereka adalah UGM di Yogjakarta, ITB di Bandung, UI di Jakarta, UNAIR di Surabaya, dan IPB di Bogor.

Sementara yang patut dijadikan rujukan sebagai kota pelajar terkini adalah Bandung, Surabaya dan Jakarta. Hal ini mengingat. ketiga kota tersebut berhasil menempatkan kampus-kampusnya pada posisi The Best 10 sebagai top world university rankings dari Indonesia. 

Kampus dari kota Bandung menduduki peringkat ke-2 (ITB) dan ke-7 (Unpad). Untuk kota Surabaya diwakili oleh UNAIR pada peringkat ke-4, dan ITS yang menduduki peringkat ke-6 di Indonesia. Sementara untuk ibu kota DKI Jakarta, diwakili oleh UI di peringkat ke-3, dan Binus di peringkat ke-10 nasional. 

Perlu diketahui bahwa Binus, berhasil menduduki peringkat dunia tertinggi untuk kampus swasta asal Indonesia. Hal lain yang membanggakan, bahwa UGM, ITB, UI, UNAIR, dan IPB berhasil menembus posisi 500 besar dunia. Sementara UGM, ITB, dan UI berhasil masuk kategori 250 besar dunia.

 

 

Sumber:
QS Top Univeristy Ranking
Ilustrasi Foto:
Universitas Gadjah Mada official site

  

Share :


Post Comment